6 Akun Instagram untuk Belajar Bahasa Indonesia

Posted on 17 March 2020

Belajar bahasa asing itu perlu. Namun, faktanya, banyak yang lupa kalau mempelajari Bahasa Indonesia itu adalah penting. Seberapa fasih kamu menggunakan Bahasa Indonesia?

Kamu (dan kami) mungkin bisa berbahasa Indonesia karena sebagian besar dari kita mempelajari bahasa resmi ini sebagai bahasa pertama. Sayangnya, “bisa” menggunakan Bahasa Indonesia belum tentu “fasih”. Contoh yang paling konkret dan sederhana adalah masih banyaknya masyarakat menggunakan kata-kata dari Bahasa Indonesia atau imbuhan dan kata depan yang kurang tepat.

Karena bongkar-bongkar buku-buku pelajaran zaman dulu terlalu merepotkan, kami punya solusinya: belajar melalui Instagram. Kami sudah memilah dan memilih 6 (enam) akun Instagram untuk Belajar Bahasa Indonesia.

1. Ivan Lanin

instagram.com/ivanlanin

Menyelesaikan studi S1-nya di jurusan Teknik Kimia dan S2-nya di jurusan Teknologi Informatika, Ivan Lanin justru sekarang lebih fokus memasyarakatkan penggunaan Bahasa Indonesia yang benar dan baku. Popularitasnya sebagai pecinta bahasa mulai dikenal di Twitter dan setiap harinya banyak yang bertanya tentang seluk-beluk Bahasa Indonesia di sana. Walaupun konten Instagram-nya agak berbeda dengan konten Twitter-nya, namun kamu masih bisa membaca caption di setiap foto yang ia unggah dan menjadikannya referensi dalam berbahasa yang baik dan benar.

2. Indakata

Akun Instagram Indakata ini merupakan akun yang baru dibuat pada Januari 2020 dan kontennya berisi kata-kata Bahasa Indonesia yang “indah” dan jarang sekali digunakan. Setiap kata yang diunggah dilengkapi dengan ilustrasi dan contoh kalimat pada bagian caption-nya.

3. Membetulkan

Sesuai dengan nama akunnya, Membetulkan befokus pada pengoreksian tata bahasa pada Bahasa Indonesia. Selain konten “koreksi” yang berupa mengoreksi kata-kata sehari-hari yang salah atau tidak baku, Membetulkan juga sering menggunggah konten “kosakata” yaitu istilah-istilah khusus yang biasanya sedang sering digunakan di kalangan masyarakat. Contohnya adalah istilah-istilah di bawah ini terkait dengan masih hangatnya isu COVID-19 akhir-akhir ini.

4. Aku Bahasa

Mengikuti konten-konten yang disajikan pada akun Akubahasa ini seperti mengulang pelajaran-pelajaran pada Bahasa Indonesia saat masih di sekolah, tetapi dikemas secara lebih singkat dan menghibur.

5. Pintu Bahasa

Pintu Bahasa mengklaim bahwa akunnya tersebut adalah “media pengetahuan bahasa dan sastra bagi semua kalangan”. Konten-kontennya banyak yang serupa dengan akun-akun yang sudah dibahas sebelumnya. Namun, Pintu Bahasa ini punya konten etimologi bahasa yang ringkas dan informatif.

6. Badan Bahasa Kemendikbud

Tentunya akan lebih lengkap jika usaha-usaha dalam memasyarakatkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar ini tidak didukung oleh pemerintah pusat. Badan Bahasa pun dibentuk di bawah Kementrian Pendidikan dan Budaya. Konten-konten yang menarik dari akun ini adalah konten #SelasaBahasa yang memperkenalkan padanan bahasa asing pada Bahasa Indonesia dan konten “Kata Kita Pekan Ini” yang merupakan program pemasyarakatan padanan kata-kata asing, kata-kata Indonesia yang sedang populer, digunakan, dan kata-kata yang digunakan oleh orang atau lembaga tertentu, tetapi maknanya belum dikenal luas.

Jadi, dari keenam akun Instagram yang sudah dibahas kali ini, akun mana yang jadi favorit kamu?

Leave a Reply

Wellborn News

×