“Goodnight, Stargazer”: Film Luar Angkasa Garapan Pemuda Indonesia

Posted on 29 May 2019

Adriano Rudiman, seorang sineas dan komikus asal Indonesia, berambisi untuk membuat film bertema luar angkasa sebagai tugas akhirnya di London Film School. Kamu bisa membantu mewujudkan mimpinya!

Kamu mungkin sudah sering menonton film science fiction bertema luar angkasa. Namun, dari sekian banyak film tersebut, ada berapa yang berasal atau dibuat oleh sineas Indonesia?

Passion yang besar terhadap dunia film membawa Dio—sapaan akrab Adriano—ke luar negeri untuk mematangkan ilmunya di bidang perfilman. Ia memilih London Film School dan sekarang sedang mengerjakan tugas akhirnya berupa sebuah film berjudul Goodnight, Stargazer.

Ilustrasi dari Goodnight, Stargazer

Goodnight, Stargazer bercerita tentang Dawn dan Luna—dua astronot wanita—yang sedang dalam perjalanan pulang ke planet asalnya setelah menyelesaikan misi penelitian di kedalaman ruang angkasa. Sayangnya, kapal mereka tertabrak oleh meteor yang mengakibatkan kerusakan parah pada generator oksigen, sehingga mereka hanya bisa mengandalkan tangki oksigen pada baju mereka. Namun, kadar oksigennya tidak mencukupi dan hanya salah satu dari mereka yang bisa pulang.

Goodnight, Stargazer ini terinspirasi dari jarangnya film Indonesia yang mengangkat astronot sebagai tokoh utama dan rasa rindu Dio kepada keluarga setelah belajar di luar negeri selama dua tahun tanpa pulang. Ia merasa emosi yang dirasakan oleh para pemeran utama di film ini bisa relate dengan pengalamannya yang untuk pertama kalinya tinggal jauh dari rumah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Demi mendanai pembuatan Goodnight, Stargazer, Dio yang merupakan penulis cerita dan sutradara film tersebut membuka crowdfunding di situs kickstarter.com sejak April lalu. Walaupun dananya sudah terkumpul melebihi target, kamu yang ingin terlibat dalam pembuatan film ini masih ada waktu untuk berdonasi dengan mengklik bit.ly/goodnightstargazer sampai 2 Juni 2019 nanti. Pada tautan tersebut, kamu juga bisa memantau sejauh mana proses pembuatan Goodnight, Stargazer sampai rampung nanti (they are currently in pre-production and we have a feeling it will be legit).

So, I guess that whatever your dream is, if you really want to make it come true, there is always a way or more. Just, hold on tight to it and do something to reach it!

Tonton Effect, salah satu film pendek karya Dio yang menjadi finalis di Indonesia Fantastic Film Festival, di bawah.

Wellborn News

×