Mengeksplorasi Alam Bawah Sadar Bersama Wellborn by Esa

Posted on 13 August 2018

Kami berbicara dengan Esa Apriansyah, seniman asal Bandung, yang kali ini terpilih untuk proyek kolaborasi dengan tajuk Wellborn by Esa

 

Salah satu hal yang menyenangkan terkait dengan bidang seni adalah kamu bebas mengeksplorasi hal apapun tanpa ada batasan tertentu—termasuk alam bawah sadar. Esa Apriansyah adalah salah satu yang tertarik dengan hal tersebut dan selalu mencoba mengekspresikan gagasan yang ada di dalam pikirannya dalam bentuk gambar-gambar. Lelaki yang merupakan alumnus Jurusan Desain Komunikasi Visual dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) ini mendeskripsikan hasil karya-karya sebagai “suatu usaha untuk merespon pada sebuah tempat”.

 

“Tempat di sini bukan (melulu) diartikan sebagai kondisi fisik yang meliputi benda-benda di sekitarnya, melainkan juga sebuah situasi—suatu bentuk kesadaran personal di mana individu itu sedang atau pernah berada di sebuah tempat, terlibat dengan situasi dan segala informasi yang terserap kedalam kesadarannya,” tambah Esa yang mengaku justru lebih sering terinspirasi dari Sigmund Freud dan Carl Jung yang notabene bukan tokoh-tokoh dari dunia seni.

 

Karya-karyanya yang one of the kind membuat kami tertarik untuk mengajak Esa berkolaborasi dalam Wellborn by Esa. Bagaimana proses kreatif Esa untuk proyek pertamanya dengan Wellborn dan hasilnya? Selengkapnya bisa kamu tonton di video wawancara kami bersama Esa berikut.

 

Intip hasil kolaborasi Wellborn by Esa dengan mengklik gambar di bawah ini

Wellborn News

×