4 Cara Mudah Membedakan Antara Sweater dan Sweatshirt

Posted on 23 May 2018

Sweater dan Sweatshirt sekilas seperti dua kata dan dua barang yang sama. Namun, jika ditelusuri dari maknanya, ternyata dua fashion item yang cocok dikenakan ketika cuaca sedang dingin ini berbeda lho. Berikut adalah empat poin cara mudah bagaimana membedakan antara sweater dan sweatshirt.

 

  1. Definisi

Berdasarkan definisinya, sweater adalah atasan yang biasanya dibuat secara dirajut. Pada awal dibuatnya, sweater ini berfungsi untuk menghangatkan badan pemakainya dengan cara menutupi bagian kedua lengan dan tubuh. Sementara itu, sweatshirt saat pertama kali didesain adalah untuk membuat tubuh pemakainya berkeringat dan cenderung agak longgar.

 

Salah satu contoh sweater dari KITH

 

  1. Bahan Utama

Karena dibuat secara dirajut, tentunya sweater cenderung bersifat lembut dan elastis. Dulu, sweater biasanya terbuat dari wol—sehingga selain hangat, teksturnya pun sangat lembut. Namun, tidak sedikit juga sweater yang sekarang beredar terbuat dari bahan lain seperti katun atau poliester. Tentunya, sweatshirt pun bisa dibuat dari katun, poliester, atau bahkan fleece. Namun, karena cara pembuatannya berbeda, maka tekstur lembut pada sweatshirt ini ada pada bagian dalam—sehingga tidak menimbulkan iritasi ketika ada keringat yang menempel.

 

  1. Desain

Secara desain, sebenarnya sweater dan sweatshirt ini hampir sama; keduanya bisa saja bagian depannya terbuka. Misalnya, untuk sweater yang bagian depannya bisa dibuka biasanya menggunakan kancing atau bahkan tidak ada pengaitnya sama sekali. Dua macam sweater seperti itu biasa disebut cardigans, sementara untuk yang bagian depannya tidak terbuka disebut jumper.

Untuk sweatshirt yang bagian depannya bisa dibuka cenderung menggunakan resleting. Tidak sedikit juga yang mendesain sweatshirt dengan tambahan tudung sehingga sweatshirt ini berubah nama menjadi hoodie.

 

  1. Kapan dan Di Situasi Apa Harus Dikenakannya?

Karena kesan yang ditimbulkan cenderung stylish, sweater lebih fleksibel dikenakan dan dipadupadankan dengan fashion item lain. Kamu bisa coba kombinasi antara kemeja, sweater, dan dasi untuk ke kantor atau acara formal.

 

Wrap Typo Black Sweatshirt, salah satu sweatshirt dari Wellborn

 

And, please, never wear sweatshirt to a formal event because you will going to look too chillI Sweatshirt, selain memang fungsi utamanya dikenakan untuk olahraga, memang bisa memberikan kesan sporty yang lebih cocok dikenakan saat ke acara informal seperti nongkrong dengan teman-teman kamu. Padupadankan dengan track suit pants dan sneakers, then you are ready to chill!

 

Sekarang, kamu sudah tahu perbedaan antara sweater dan sweatshirt. Apakah kamu cenderung Team Sweater atau Team Sweatshirt?

Wellborn News

×