Dua Alasan Mengapa Kamu Harus Mencuci Pakaian yang Baru Dibeli

Posted on 29 March 2018

Ada dua jenis manusia di dunia ini: yang mencuci pakaian yang baru dibeli terlebih dahulu atau yang langsung mengenakannya tanpa mencucinya. Kamu termasuk jenis yang mana?

 

Do not worry, we will not judge if you are a part of the people who wear your new clothes without washing it first anyway. Bahkan, saya yakin hampir semuanya jarang mencucinya terlebih dahulu—kecuali kalau kamu membeli pakaian dari thrift shop. Lalu, mengapa pakaian yang baru kamu beli harus dicuci terlebih dahulu? Well, pakaiannya memang sih terlihat bersih (tidak bernoda). To tell you the truth, mereka tidak bersih-bersih amat lho.

 

Ini dua alasan mengapa kamu harus mencuci pakaian yang baru dibeli, baik secara offline maupun online:

  1. Pakaian, apapun jenisnya, mengandung bahan pewarna yang bisa menempel di kulit kamu atau di garmen lain. Bahan pewarna ini, tentunya, bisa mengakibatkan gatal-gatal bahkan membuat kulitmu kering—apalagi jika kulitmu sensitif,
  2. Pernah membayangkan baju yang kamu coba di ruang ganti pernah dicoba oleh orang lain sebelum kamu? Bagaimana jika orang tersebut saat mencobanya sedang dalam keadaan yang tidak terlalu bersih? Ew. Kuman atau bakteri yang ada pada orang tersebut akan menempel di pakaian itu dan akan menempel begitu saja di kulitmu jika kamu tidak mencucinya terlebih dahulu. Bagaimana dengan pakaian yang kamu beli secara online? Pakaian yang kamu pesan bisa jadi belum pernah dikenakan oleh siapapun, namun perjalanan dari gudang sang penjual menuju depan pintu rumahmu itu panjang—pakaianmu bisa saja mengalami perubahan suhu dari yang paling lembap sampai paling dingin. Sehingga, jika langsung kamu kenakan, pakaiannya sedang tidak dalam keadaan ‘prima’ dipakai.

 

Okay, sekarang kamu sudah tahu dua alasan mengapa kamu harus mencuci pakaian yang baru dibeli dan mungkin bertanya-tanya: memang sudah ada contoh kasusnya? Well, to be honest, sejauh ini belum ada yang muncul ke permukaan sih. However, tidak ada salahnya bukan jika kamu mengenakan pakaian bersih—apalagi pakaiannya berencana kamu kenakan seharian penuh?

 

P.S.: Sebelum mencuci pakaian barumu, jangan lupa untuk cek petunjuk pencuciannya.

Wellborn News

×