Sejarah Raglan Sleeve: Dari Inggris ke Seluruh Dunia

Posted on 17 June 2017
Raglan Sleeve

Jika kamu kurang familiar dengan nama Raglan, mungkin kamu akan menjetikan jarimu atau berkata “Aha!” ketika melihat t-shirt-nya langsung. Raglan sleeve adalah jenis t-shirt yang bagian lengannya merupakan sambungan untuk t-shirt bagian utamanya. Potongannya biasanya dimulai dari underarm alias ketiak sampai kerah dan warnanya kontras dengan bagian utama (badan) t-shirt membentuk garis diagonal. Raglan sleeve ini beragam mulai dari jenis bahan, warna, sampai panjang lengannya—ada yang pendek, ¾, dan panjang.

 

Did you know? Ternyata nama Raglan pada Raglan sleeve diambil dari nama salah satu desa kecil di Inggris. Thanks to Fitzroy James Henry Somerset, salah satu serdadu Inggris pemberani yang pergi berperang di suatu tempat bernama Waterloo, Belgia. Beliau kehilangan salah satu lengannya akibat pertarungan tersebut, namun nyawa tetap bisa diselamatkan. Lebih hebatnya lagi, Somerset ini tetap melanjutkan perangnya dengan keadaan lengannya buntung. Sepulang dari perang, beliau mendapatkan treatment dan masih tetap bersemangat untuk membela negaranya. Atas keberaniannya pada Pertempuran Waterloo (Battle in Waterloo), Somerset diberikan gelar Lord Raglan—karena ia berasal dari desa Raglan. Setelah kehilangan lengannya, Lord Raglan membantu negaranya dengan menjadi staf administrasi dan selalu mengenakan mantel yang potongannya seperti Raglan sleeve yang sekarang populer menjadi t-shirt yang biasa dikenakan sehari-hari.

 

Cool, right? Salah satu keunggulan Raglan sleeve ini adalah cocok untuk dikenakan sehari-hari di acara informal seperti hangout bersama teman-teman atau keluarga. Jika kamu belum punya atau ingin punya Raglan sleeve yang baru, you better check this catalog from Wellborn. Ada empat pilihan warna dan ukuran—dan t-shirt ini didesain untuk cowok dan cewek.

 

Wellborn News

×